Enter your keyword

Silabus Mata Kuliah Matematika
Kode Mata Kuliah MA1101 / 4 SKS
Penyelenggara 101 – Matematika / FMIPA
Kategori Kuliah
Bahasa Indonesia English
Nama Mata Kuliah Matematika I Mathematics I
Bahan Kajian
  1. Fungsi
  2. Limit
  3. Turunan
  4. Penggunaan Turunan
  5. Integral
  6. Penggunaan Integral
  7. Fungsi Transenden
  1. Function
  2. Limits
  3. Derivatives
  4. Application of derivaties
  5. Integral
  6. Application of integral
  7. Transcendent Function
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mengenali suatu fenomena di dunia nyata sebagai tingkat perubahan atau akumulasi perubahan kemudian merumuskan dengan menggunakan kosa-kata matematika.
  2. Mengkaji dan menjelaskan fenomena perubahan suatu besaran, melalui berbagai strategi, dengan menggunakan konsep-konsep dasar kalkulus satu peubah, khususnya turunan (konsep tingkat perubahan) dan integral (konsep akumulasi perubahan).
  3. Menyusun rangkaian argumen matematika, khususnya kalkulus satu peubah, dalam berpendapat untuk meyakinkan orang lain, dalam lisan maupun berbagai penyajian seperti diagram, tabel, grafik, maupun tulisan, dalam bahasa sendiri termasuk memberi penafsiran dalam konteks matematika maupun di luar matematika.
  4. Menggunakan matematika, khususnya kalkulus satu peubah, beserta pemanfaatan tekonologi sebagai alat bantu (jika diperlukan), untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai masalah, baik di dunia nyata maupun dalam berbagai disiplin ilmu, sains, rekayasa, ilmu hayati, maupun bisnis, untuk membangun sikap-sikap positif seperti kepercayaan diri, gigih, terbuka, dan lainnya.
  1. Recognise a phenomenon in the real world as a rate of change or accumulation of change and then formulate it using mathematical vocabulary.
  2. Examine and explain the phenomenon of change in a quantity, through various strategies, using the basic concepts of one-variable calculus, especially derivatives (the concept of rate of change) and integrals (the concept of accumulation of change).
  3. Develop a series of mathematical arguments, especially one-variable calculus, in arguing to convince others, orally and in various presentations such as diagrams, tables, graphs, and writing, in one’s own language including giving interpretations in mathematical contexts and outside mathematics.
  4. Use mathematics, especially one-variable calculus, along with the use of technology as a tool (if needed), to analyse and solve various problems, both in the real world and in various disciplines, science, engineering, life sciences, and business, to build positive attitudes such as confidence, perseverance, openness, and others.
Metode Pembelajaran Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif A combination of lectures and discussions, problem-based learning, individual assignments, regular joint quizzes, and cooperative learning
Modalitas Pembelajaran Luring/Bauran Offline/Hybrid
Jenis Nilai ABCDE
Metode Penilaian UTS, UAS, tugas dan kuis mandiri (per fakultas dan per kelas) UTS, UAS, assignments and individual quizzes (per faculty and per class)
Catatan Tambahan
Kode Mata Kuliah MA1102 / 4 SKS
Penyelenggara 101 – Matematika / FMIPA
Kategori Kuliah
Bahasa Indonesia English
Nama Mata Kuliah Matematika II Mathematics II
Bahan Kajian
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Metode Pembelajaran
Modalitas Pembelajaran
Jenis Nilai ABCDE
Metode Penilaian Nilai Akhir (NA), dengan nilai maksimum 100, ditentukan oleh komponen-komponen berikut:
1. Ujian Tengah Semester (UTS) dengan bobot 45%.
2. Ujian Tengah Semester (UAS) dengan bobot 45%.
3. PR, Kuis (PK) atau komponen penilaian lainnya (memuat paling sedikit 3 kuis) dengan bobot 10%.
Catatan Tambahan
Kode Mata Kuliah MA1201 / 4 SKS
Penyelenggara 101 – Matematika / FMIPA
Kategori Kuliah
Bahasa Indonesia English
Nama Mata Kuliah Matematika IIA (Sains dan Rekayasa) Mathematics IIA (for Natural Sciences and Engineering)
Bahan Kajian
  1. Teknik Pengintegralan
  2. Bentuk Tak Tentu dan Integral Tak Wajar
  3. Deret
  4. Irisan Kerucut dan Koordinat Polar
  5. Geometri di bidang dan di ruang
  6. Turunan Fungsi Peubah Banyak
  7. Integral Lipat
  8. Persamaan Diferensial
  1. Integration Technique
  2. Indeterminate Forms and Integrals
  3. Series
  4. Cone Slices and Polar Coordinates
  5. Geometry in the plane and in space
  6. Derivative of Multivariable Functions
  7. Integral Folding
  8. Differential Equation
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menggunakan teknik pengintegralan, konsep-konsep dasar fungsi bernilai vektor, maupun fungsi peubah banyak.
  2. Menggunakan teorema-teorema dalam aljabar linear untuk menjelaskan beberapa fenomena nyata dalam sains dan rekayasa.
  3. menyusun rangkaian argumen matematika, khususnya aljabar linear, dalam berpendapat untuk meyakinkan orang lain, dalam lisan maupun berbagai penyajian seperti diagram, tabel, grafik, maupun tulisan, dalam bahasa sendiri termasuk memberi penafsiran dalam konteks matematika maupun di luar matematika.
  4. Menggunakan matematika beserta pemanfaatan tekonologi sebagai alat bantu (jika diperlukan), untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai masalah, baik di dunia nyata maupun dalam bidang sains dan rekayasa, untuk membangun sikap-sikap positif seperti kepercayaan diri, gigih, terbuka, dan lainnya.
  1. Use integrating techniques, basic concepts of vector-valued functions, and functions of many variables.
  2. Use theorems in linear algebra to explain some real phenomena in science and engineering.
  3. Construct a series of mathematical arguments, especially linear algebra, in arguing to convince others, orally and in various presentations such as diagrams, tables, graphs, and writing, in one’s own language including giving interpretations in the context of mathematics and outside mathematics.
  4. Use mathematics and the use of technology as a tool (if needed), to analyse and solve various problems, both in the real world and in science and engineering, to build positive attitudes such as confidence, perseverance, openness, and others.
Metode Pembelajaran Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif A combination of lectures and discussions, problem-based learning, individual assignments, regular joint quizzes, and cooperative learning
Modalitas Pembelajaran Luring/Bauran Offline/Hybrid
Jenis Nilai ABCDE
Metode Penilaian UTS, UAS, tugas dan kuis mandiri. UTS, UAS, assignments and individual quizzes
Catatan Tambahan
Kode Mata Kuliah MA1202 / 3 SKS
Penyelenggara 101 – Matematika / FMIPA
Kategori Kuliah
Bahasa Indonesia English
Nama Mata Kuliah Matematika IIB (Ilmu Hayati) Mathematics IIB (for Life Sciences)
Bahan Kajian
  1. Teknik pengintegralan
  2. Limit bentuk tak tentu dan integral tak wajar
  3. Barisan dan deret (dengan penekanan pada Hampiran Taylor)
  4. Persamaan beda
  5. Persamaan Diferensial
  6. Vektor dan Model Matriks
  7. Kalkulus Peubah Banyak
  8. Sistem Persamaan Diferensial
  1. Integration technique
  2. Limit indeterminate forms and improper integrals
  3. Rows and series (with emphasis on Taylor’s Approximation)
  4. Difference equation
  5. Differential Equation
  6. Vector and Matrix Models
  7. Multivariable Calculus
  8. System of Differential Equations
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mengkaji dan menjelaskan fenomena perubahan suatu besaran, melalui berbagai strategi, dengan menggunakan konsep-konsep dasar kalkulus peubah banyak, khususnya turunan (konsep tingkat perubahan) dan integral (konsep akumulasi perubahan), matriks, persamaan beda, serta sistem persamaan diferensial.
  2. Menggunakan teorema-teorema dalam kalkulus untuk menjelaskan beberapa fenomena nyata dalam ilmu hayati.
  3. Menyusun rangkaian argumen matematika, dalam berpendapat untuk meyakinkan orang lain, dalam lisan maupun berbagai penyajian seperti diagram, tabel, grafik, maupun tulisan, dalam bahasa sendiri termasuk memberi penafsiran dalam konteks matematika maupun di luar matematika
  4. Menggunakan matematika beserta pemanfaatan tekonologi sebagai alat bantu (jika diperlukan), untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai masalah, baik di dunia nyata maupun dalam ilmu hayati, untuk membangun sikap-sikap positif seperti kepercayaan diri, gigih, terbuka, dan lainnya.
  1. Examine and explain the phenomenon of change in a quantity, through various strategies, using the basic concepts of calculus of many variables, especially derivatives (the concept of rate of change) and integrals (the concept of accumulation of change), matrices, difference equations, and systems of differential equations.
  2. Use theorems in calculus to explain some real phenomena in life science.
  3. Constructing a series of mathematical arguments, in arguing to convince others, orally and in various presentations such as diagrams, tables, graphs, and writing, in one’s own language including interpretation in mathematical contexts and outside mathematics
  4. Use mathematics and the use of technology as a tool (if needed), to analyse and solve various problems, both in the real world and in the life sciences, to build positive attitudes such as confidence, perseverance, openness, and others.
Metode Pembelajaran Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif A combination of lectures and discussions, problem-based learning, individual assignments, regular joint quizzes, and cooperative learning
Modalitas Pembelajaran Luring/Bauran offline/hybrid
Jenis Nilai ABCDE
Metode Penilaian UTS , UAS, tugas dan kuis mandiri. UTS, UAS, assignments and self-quizzes.
Catatan Tambahan
Kode Mata Kuliah MA1203 / 4 SKS
Penyelenggara 101 – Matematika / FMIPA
Kategori Kuliah
Bahasa Indonesia English
Nama Mata Kuliah Matematika IIC (Rekayasa I) Mathematics IIC (for Engineering I (Mechanical and Aeronautics Engineering))
Bahan Kajian
  1. Teknik Pengintegralan
  2. Bentuk Tak Tentu dan Integral Tak Wajar
  3. Deret (dengan penekanan Hampiran Taylor)
  4. Irisan Kerucut dan Koordinat Polar
  5. Geometri di bidang dan di ruang
  6. Turunan Fungsi Peubah Banyak
  7. Integral Lipat
  8. Kalkulus Vektor
  1. Integration Technique
  2. Indeterminate Forms and Integrals
  3. Sequences (with emphasis on Taylor Approximation)
  4. Cone Slices and Polar Coordinates
  5. Geometry in the plane and in space
  6. Derivative of Multivariable Functions
  7. Integral Folding
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. mengkaji dan menjelaskan fenomena perubahan suatu besaran, melalui berbagai strategi, dengan menggunakan konsep-konsep dasar kalkulus peubah banyak, khususnya turunan (konsep tingkat perubahan) dan integral (konsep akumulasi perubahan), teorema integral pada R^2 dan R^3; serta konsep hampiran oleh polinom Taylor.
  2. Menggunakan teorema-teorema dalam kalkulus untuk menjelaskan beberapa fenomena nyata dalam sains dan rekayasa.
  3. menyusun rangkaian argumen matematika, dalam berpendapat untuk meyakinkan orang lain, dalam lisan maupun berbagai penyajian seperti diagram, tabel, grafik, maupun tulisan, dalam bahasa sendiri termasuk memberi penafsiran dalam konteks matematika maupun di luar matematika.
  4. menggunakan matematika beserta pemanfaatan tekonologi sebagai alat bantu (jika diperlukan), untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai masalah, baik di dunia nyata maupun dalam sains dan rekayasa, untuk membangun sikap-sikap positif seperti kepercayaan diri, gigih, terbuka, dan lainnya.
  1. Examine and explain the phenomenon of change in a quantity, through various strategies, using the basic concepts of calculus of many variables, especially the derivative (the concept of rate of change) and integral (the concept of accumulation of change), the integral theorem on R^2 and R^3; and the concept of approximation by Taylor polynomials.
  2. Use theorems in calculus to explain some real phenomena in science and engineering.
  3. Constructing a series of mathematical arguments, in arguing to convince others, orally or in various presentations such as diagrams, tables, graphs, or writing, in one’s own language including interpretation in the context of mathematics and outside mathematics.
  4. Use mathematics and the use of technology as tools (where appropriate), to analyse and solve problems, both in the real world and in science and engineering, to develop positive attitudes such as confidence, perseverance, openness, etc.
Metode Pembelajaran Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif A combination of lectures and discussions, problem-based learning, individual assignments, regular joint quizzes, and cooperative learning
Modalitas Pembelajaran Luring/Bauran Offline/Hybrid
Jenis Nilai ABCDE
Metode Penilaian UTS , UAS, tugas dan kuis mandiri. UTS, UAS, assignments and individual quizzes.
Catatan Tambahan
Kode Mata Kuliah MA1204 / 3 SKS
Penyelenggara 101 – Matematika / FMIPA
Kategori Kuliah
Bahasa Indonesia English
Nama Mata Kuliah Matematika IID (Rekayasa II) Mathematics IID (for Engineering II)
Bahan Kajian
  1. Teknik Pengintegralan
  2. Bentuk Tak Tentu dan Integral Tak Wajar
  3. Deret (dengan penekanan Polinom Taylor)
  4. Irisan Kerucut dan Koordinat Polar
  5. Geometri di bidang dan di ruang
  6. Turunan Fungsi Peubah Banyak
  7. Integral Lipat
  1. Integration Technique
  2. Indeterminate Forms and Integrals
  3. Sequences (with Taylor Polynomial emphasis)
  4. Cone Slices and Polar Coordinates
  5. Geometry in the plane and in space
  6. Derivative of Multivariable Functions
  7. Integral Folding
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. mengkaji dan menjelaskan fenomena perubahan suatu besaran, melalui berbagai strategi, dengan menggunakan konsep-konsep dasar kalkulus peubah banyak, khususnya turunan (konsep tingkat perubahan) dan integral (konsep akumulasi perubahan), serta hampiran oleh polinom.
  2. menggunakan teorema-teorema dalam kalkulus untuk menjelaskan beberapa fenomena nyata dalam rekayasa
  3. menyusun rangkaian argumen matematika, dalam berpendapat untuk meyakinkan orang lain, dalam lisan maupun berbagai penyajian seperti diagram, tabel, grafik, maupun tulisan, dalam bahasa sendiri termasuk memberi penafsiran dalam konteks matematika maupun di luar matematika.
  4. menggunakan matematika beserta pemanfaatan tekonologi sebagai alat bantu (jika diperlukan), untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai masalah, baik di dunia nyata maupun dalam sains dan rekayasa, untuk membangun sikap-sikap positif seperti kepercayaan diri, gigih, terbuka, dan lainnya.
  1. Examine and explain the phenomenon of change in a quantity, through various strategies, using the basic concepts of calculus of many variables, especially the derivative (the concept of rate of change) and integral (the concept of accumulation of change), as well as approximation by polynomials.
  2. Use theorems in calculus to explain some real phenomena in engineering.
  3. Constructing a series of mathematical arguments, in arguing to convince others, orally or in various presentations such as diagrams, tables, graphs, or writing, in one’s own language including interpretation in the context of mathematics and outside mathematics.
  4. Use mathematics and the use of technology as tools (where appropriate), to analyse and solve problems, both in the real world and in science and engineering, to develop positive attitudes such as confidence, perseverance, openness, etc.
Metode Pembelajaran Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif A combination of lectures and discussions, problem-based learning, individual assignments, regular joint quizzes, and cooperative learning
Modalitas Pembelajaran Luring/bauran Offline/hybrid
Jenis Nilai ABCDE
Metode Penilaian UTS, UAS, tugas dan kuis UTS, UAS, assignments and quizzes
Catatan Tambahan
Kode Mata Kuliah MA1205 / 4 SKS
Penyelenggara 101 – Matematika / FMIPA
Kategori Kuliah
Bahasa Indonesia English
Nama Mata Kuliah Matematika IIE (Rekayasa III) Mathematics IIE (for Engineering III/Physical Engineering )
Bahan Kajian
  1. Teknik Pengintegralan
  2. Irisan Kerucut dan Koordinat Polar
  3. Fungsi bernilai vektor
  4. Fungsi peubah banyak
  5. Sistem Persamaan Linear
  6. Matriks dan Determinan
  7. Vektor dan Ruang Vektor
  8. Transformasi linear
  9. Nilai karakteristik dan diagonalisasi
  1. Integration Technique
  2. Cone Slices and Polar Coordinates
  3. Vector-valued function
  4. Multivariable function
  5. System of Linear Equations
  6. Matrices and Determinants
  7. Vectors and Vector Space
  8. Linear transformation
  9. Characteristic value and diagonalisation
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menggunakan teknik pengintegralan, konsep-konsep dasar fungsi bernilai vektor, maupun fungsi peubah banyak.
  2. Menggunakan teorema-teorema dalam aljabar linear untuk menjelaskan beberapa fenomena nyata dalam sains dan rekayasa.
  3. Menyusun rangkaian argumen matematika, khususnya aljabar linear, dalam berpendapat untuk meyakinkan orang lain, dalam lisan maupun berbagai penyajian seperti diagram, tabel, grafik, maupun tulisan, dalam bahasa sendiri termasuk memberi penafsiran dalam konteks matematika maupun di luar matematika
  4. menemukan dan menerjemahkan solusi matematika ke dalam konteks semula, yang membangun sikap positif seperti kepercayaan diri, gigih, terbuka, dan lainnya.
  1. Use integrating techniques, basic concepts of vector-valued functions, and functions of many variables.
  2. Use theorems in linear algebra to explain some real phenomena in science and engineering.
  3. Construct a series of mathematical arguments, especially linear algebra, in arguing to convince others, orally and in various presentations such as diagrams, tables, graphs, and writing, in one’s own language including giving interpretations in the context of mathematics and outside mathematics.
  4. Finding and translating mathematical solutions into their original contexts, which builds positive attitudes such as confidence, perseverance, openness, and more.
Metode Pembelajaran Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran kooperatif A combination of lecture and discussion, problem-based learning, and cooperative learning
Modalitas Pembelajaran Luring/Bauran Offline/hybrid
Jenis Nilai ABCDE
Metode Penilaian UTS , UAS, tugas mandiri dan kuis UTS, UAS, individual assignments and quizzes
Catatan Tambahan
Kode Mata Kuliah MA1206 / 3 SKS
Penyelenggara 101 – Matematika / FMIPA
Kategori Kuliah
Bahasa Indonesia English
Nama Mata Kuliah Matematika IIF (Bisnis dan Manajemen) Mathematics IIF (for Business and Management)
Bahan Kajian
  1. Himpunan dan Pencacahan
  2. Peluang
  3. Peubah Acak
  4. Sistem Persamaan Linear dan Matriks
  5. Pemrograman Linear
  6. Persamaan Beda Orde 1 linear dan nonlinear
  7. Persamaan Diferensial Orde 1 linear dan nonlinear
  1. Sets and Enumeration
  2. Opportunities
  3. Random variable
  4. Linear Equation Systems and Matrices
  5. Linear Programming
  6. Linear and nonlinear 1st order difference equations
  7. Linear and nonlinear 1st order differential equations
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. mengkaji dan menjelaskan fenomena perubahan dalam dunia bisnis konsep-konsep dasar matematika seperti sistem persamaan linear, persamaan beda, matriks, serta konsep kebolehjadian.
  2. menggunakan teorema-teorema dalam matematika untuk menjelaskan beberapa fenomena nyata dalam bidang bisnis.
  3. menyusun rangkaian argumen matematika, dalam berpendapat untuk meyakinkan orang lain, dalam lisan maupun berbagai penyajian seperti diagram, tabel, grafik, maupun tulisan, dalam bahasa sendiri termasuk memberi penafsiran dalam konteks matematika maupun di luar matematika.
  4. menggunakan matematika beserta pemanfaatan tekonologi sebagai alat bantu (jika diperlukan), untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai masalah, baik di dunia nyata maupun dalam bidang bisnis, untuk membangun sikap-sikap positif seperti kepercayaan diri, gigih, terbuka, dan lainnya.
  1. Examine and explain the phenomenon of change in the business world basic mathematical concepts such as systems of linear equations, difference equations, matrices, and the concept of probability.
  2. Use theorems in mathematics to explain some real phenomena in the business field.
  3. Constructing a series of mathematical arguments, in arguing to convince others, in oral and various presentations such as diagrams, tables, graphs, and writing, in one’s own language including giving interpretations in the context of mathematics and outside mathematics.
  4. Use mathematics and the use of technology as a tool (if needed), to analyse and solve various problems, both in the real world and in business, to build positive attitudes such as confidence, perseverance, openness, and others.
Metode Pembelajaran Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif A combination of lectures and discussions, problem-based learning, individual assignments, regular joint quizzes, and cooperative learning
Modalitas Pembelajaran Luring/Bauran Offline/Hybrid
Jenis Nilai ABCDE
Metode Penilaian UTS, UAS, tugas dan kuis mandiri. UTS, UAS, assignments and individual quizzes.
Catatan Tambahan
X